UM Hari Ke 2, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel Kunjungi MTSN 1 Banjarmasin

MTsN 1 Banjarmasin (Humas) – Di hari kedua pelaksanaan Ujian Madrasah, MTsN 1 Banjarmasin mendapat kunjungan dari Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan, Drs. H. Noor Fahmi, MM yang didampingi oleh Dra. Hj. Halimatus Sa’diyah, M.Pd selaku Kabid Penmad Kemenag Prov. Kalimantan Selatan beserta Staf dalam rangka monitoring dan evaluasi pelaksanaan Ujian Madrasah.

Beliau disambut oleh Kepala MTsN 1 Banjarmasin, Drs. H. Ahmad Baihaki beserta Guru dan Kepala Tata Usaha MTsN 1 Banjarmasin, kemudian menuju Ruang Panitia dan berbincang dengan Operator Ujian Madrasah perihal nilai yang sesuai dengan format Google Form dan pelaksanaan UM yang berjalan dengan tertib dan lancar dengan bantuan kontrol dan pengawasan yang baik dari Wali Kelas dan Orang Tua siswa. Beliau mengapresiasi pelaksanaan Ujian Madrasah secara online di masa pandemi Covid-19. Sebab UM kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya di mana hampir semua kebijakan diserahkan kepada satuan pendidikan berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 752 Tahun 2021 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Madrasah  tahun pelajaran 2020/2021.

Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Banjarmasin melaksanakan Ujian Madrasah (UM) Tahun Pelajaran 2020/2021 secara online yang dimulai dari tanggal 29 Maret sd. 08 April 2021. Ujian berlangsung dua sesi, sesi pertama dari pukul 08.00 sd. 09 30 dan sesi kedua dimulai dari pukul 10.00 sd. 11.30. Mata pelajaran yang diujikan yakni Bahasa Indonesia, PKN, Matematika, Fiqih, IPA, SKI, Bahasa Arab, IPS, Bahasa Inggris, Aqidah Akhlak, Alqur’an Hadits, Seni Budaya, Prakarya, Muatan Lokal dan PJOK.

Ujian Madrasah di MTsN 1 Banjarmasin ini merupakan bagian kegiatan penilaian terkait hasil kelulusan siswa. Berpedoman pada Surat Edaran Dirjen Pendis No B.-298/DJ.I/ PP.00/02/2021 tentang Penyelenggaraan Kelulusan dan Kenaikan Kelas Siswa Madrasah. Siswa madrasah dinyatakan lulus setelah memenuhi tiga syarat. Pertama, menyelesaikan program pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester. Kedua, memperoleh nilai sikap/ perilaku minimal ‘Baik’. Ketiga, mengikuti Ujian Madrasah (UM) yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan (Madrasah).

7 April 2021

0 responses on "UM Hari Ke 2, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel Kunjungi MTSN 1 Banjarmasin"

Leave a Message

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

top
MTSN 1 Banjarmasin © 2020
X